Asal Usul Anugerah Sastra Khatulistiwa

Anugerah Sastra Khatulistiwa dicetus oleh Richard Oh pada suatu malam sembilan tahun silam di sebuah restoran di sekitar jalan veteran. Hadir pada malam itu, saudara Takeshi Ichiki (pada waktu itu President Director Plaza Senayan), penulis Danarto dan penyair Sutardji Calzioum Bachri dan beberapa sastrawan lain. Tercetusnya Anugerah Sastra Khatulistiwa pada waktu itu terdorong oleh sebuah inisiatif untuk memberikan sebuah hadiah berpundi lumayan berarti supaya penulis-penulis yang memenangkan hadiah sastra Khatulistiwa bisa melanjutkan cita-citanya berkarya.

Dengan visi yang tidak muluk-muluk ini maka terciptalah sebuah anugerah sastra. Dan ketika dibentuk sebuah panitia untuk mewujudkan program anugerah sastra, maka Richard Oh menawarkan sebuah sistem penjurian yang menurutnya merupakan sebuah apresiasi secara langsung dari para sastrawan, akademisi, wartawan kebudayaan di dalam satu komunitas bersama dengan para sastrawan. Sistem penilaian Khatulistiwa oleh karena ini itu dibentuk sedemikian rupa sehingga ia mencerminkan tujuan ini. Sebuah hadiah sastra yang diselenggara oleh panitia Anugerah Sastra Khatulistiwa, namun pemenang-pemenangnya ditentukan oleh para anggota yang secara langsung ataupun tidak langsung terlibat dalam komunitas sastra dan kebudayaan.

Setiap tahun Anugerah Sastra Khatulistiwa menyeleksi dari karya-karya sastra yang terbit dalam kurun waktu 12 bulan. Semua karya yang terpilih diseleksi langsung oleh para juri. Tidak ada kriteria khusus bahwa karya-karya sastra harus dikirim ke pihak panitia agar dikualifikasi menjadi peserta. Walau demikian, pihak penerbit disarankan mengirim karya-karya sastra terbitannya kepada panitia karena ini sangat membantu penyaringan panitia akan karya-karya yang terbit dalam kurun waktu 12 bulan itu. Seorang koordinator juri dipilih oleh pihak penyelenggara untuk menyusun sebuah tim juri dari berbagai latar seperti yang tertera di atas. Tiga babak pemilihan yang berkembang dalam proses penentuan pemenang-pemenang Anugerah Sastra Khatulistiwa, yang biasanya diselenggarakan sekitar Nopember setiap tahun. Babak pertama adalah pengumuman 10 Besar Karya Pilihan. Babak berikutnya 5 Besar Karya Pilihan. Dan pada malam Anugerah Sastra Khatulistiwa pemenang-pemenang akan diumumkan dalam sebuah upacara penyerahan hadiah di Plaza Senayan.

Tiga Kategori Hadiah Sastra Khatulistiwa akan diberikan setiap tahun:

1) Kategori Puisi
2) Kategori Prosa
3) Kategori Penulis Muda Berbakat (Khusus penulis karya pertama dengan umur maksimum 30 tahun)

Semua karya yang berkualifikasi untuk dinilai adalah karya-karya yang tidak pernah diterbitkan dalam satu keutuhan buku sebelumnya. Karya-karya yang pernah diterbitkan sepenuhnya (dengan muatan yang sama) dalam satu buku, walau dengan judul berbeda akan secara otomatis didiskualifikasi.

The URI to TrackBack this entry is: https://khatulistiwaliteraryaward.wordpress.com/2009/11/07/asal-usul-anugerah-sastra-khatulistiwa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: